Sistem Informasi Manajemen





Assalamu'alaikum wr.wb


         Sistem Informasi Manajemen  adalah suatu perangkat manajemen yang dipergunakan untuk mendukung pihak manajemen perusahaan dalam menerima, mengolah dan mengelola perusahaan secara baik dan sistematis dengan tujuan untuk mendukung penciptaan kinerja perusahaan. Pada era modern saat ini orang-orang tidak lagi merasa asing akan sistem informasi, teknologi yang digunakan pada seluruh perangkat kerja di berbagai organisasi juga semakin canggih guna mendukung hasil pekerjaan yang lebih praktis dan sistematis.
     Salah satu sistem informasi yang paling terkenal dan sangat familiar bagi setiap organisasi yaitu jaringan online via internet. Seperti yang kita ketahui ada banyak macam sistem informasi saat ini, salah satunya yaitu  pendaftaran di berbagai kampus yang sudah mengharuskan calon mahasiswanya untuk mendaftar secara online via internet, begitupun  layanan web online yang memungkinkan para mahasiswanya untuk memperoleh data-data akademis ataupun mendaftarkan mata kuliah yang akan di ambil pada semester baru. Penggunaan sistem informasi manajemen bagi tingkatan manajemen tentunya memiliki segala tingkatan kebutuhan akan informasi yang memiliki perbedaanya masing-masing. tingkatan yang pertama yaitu Top Management (manajemen tingkat atas) informasi yang diterima cukup bersifat poin-poin saja yang merupakan intinya karena pihak ini harus mengambil keputusan secara cepat dan tepat. Middle Management (manajemen tingkat menengah) bertugas menjembatani informasi antara pihak Top Management dan Lower Management. sedangkan Lower Management kebutuhan dan pengolahan informasinya bersifat maksimal, informasi yang lalu juga dibutuhkan digunakan sebagai perangkat analisis.
     Sistem informasi manajemen ini sangat penting dalam suatu perusahaan, pihak manajemen tak hanya membutuhkan teknologi yang memadai untuk bekerja namun juga membutuhkan informasi, kerena dengan adanya informasi yang diperoleh akan mendukung dalam proses pengambilan keputusan dan tentunya dapat  meningkatan kinerja dari pihak manajemen. Informasi yang diterima untuk proses pengambilan keputusan oleh pihak manajemen ini bersumber dari pihak internal (lingkungan dalam organisasi) dan pihak eksternal (lingkungan luar organisasi). Sistem informasi juga berpengaruh bagi strategi organisasi seperti strategi deferensiasi produk yang menggunakan sistem informasi untuk membedakan produk, dan mengadakan produk dan jasa baru.Contohnya: Google, Apple, dan eBay.
       Namun sistem informasi tak hanya berdampak positif bagi organisasi perusahaan karena memiliki risiko dalam mempergunakan sistem komputer, risiko pada bidang ini biasanya disebabkan oleh faktor virus karena proteksi software yang tidak memadai, dan juga disebabkan oleh Hacker yaitu seseorang yang begitu tertarik dalam bidang perangkat lunak yang menyebabkan masalah dengan mencoba untuk menerobos setiap proteksi yang dibuat oleh suatu Lembaga.  oleh karena itu suatu perusahaan membutuhkan tenaga seorang ahli IT (Information Technology) yang memiliki potensi & kualitas yang memadai untuk mengatasi masalah tersebut.  
         

Semoga bermanfaat😊



Komentar